ads

Android N Akan Rilis 2016??

Dekade terkahir ini, Android berada dalam masa popularitasnya. OS besutan Google tersebut berhasil merambah hampir 80% ponsel dunia. Hal ... thumbnail 1 summary
Benarkah Android N Bakal Dirilis Dalam Waktu Dekat?

Dekade terkahir ini, Android berada dalam masa popularitasnya. OS besutan Google tersebut berhasil merambah hampir 80% ponsel dunia. Hal itu tak lepas dari kerja keras Google selama ini dalam berinovasi dan melakukan peningkatan sistem dan software. Dunia tak bisa menafikan bahwasannya Android sangat fleksibel dalam peningkatan sistem. Sekarang saja sudah sampai pada Level Android 13 yaitu Android Marshmhallow 6.0.

Kabarnya, Google telah merencanakan akan merilis OS Android N. Pihak Google menginformasikan bahwa Android N tidak memberikan nomor versi kepada publik. Namun, jika diruntut dari versi Android sebelumnya (5.0 untuk Lollipop dan 6.0 untuk Marshmallow), N bakal diansumsikan memakai nomor seri 7.0.

Sebagaimana diberitakan Phone Arena pada Rabu (13/4/2016), beberapa waktu lalu, Samsung memberikan pernyataan mengenai hal tersebut melalui SDK (software development kit). Yakni, fitur MultiWindow kini bisa didapati di perangkat Galaxy. MultiWindow merupakan salah satu yang kompatibel dengan Android N (7.0).

Baca Juga :
Penjualan blackberry turun, BB akan Rilis Android
Redmi Note 3 Tahan Goresan
10 Ponsel Terkencang Versi Antutu
Xiaomi, Meizu, oppo akan ciptakan Layar Lengkung

Karena Samsung adalah salah satu mitra terpenting Google, perusahaan Korea Selatan tersebut mungkin besar tahu banyak informasi tentang Android N. Selain itu, nomor seri tersebut tentu tidak lebih penting daripada kepanjangan N.  Android N mungkin besar bakal dirilis akhir 2016. Sebagaimana diketahui, Google belum lama ini merilis Android Marshmallow pada 5 Oktober 2015.

Mengutip informasi dari laman Android Police, Jumat (18/3/2016), Google ternyata sudah memilik kode nama internal untuk Android N, yakni New York Cheesecake. Kode ini pertama kali diketahui dari inisial 'nyc' yang muncul dalam beberapa kesempatan di repositori Android Open Source Project (AOSP). Namun, penggunaan kode nama itu sebenarnya tidak berpengaruh pada penggunaan nama resmi di Android nantinya. Google memang dikenal memiliki kode nama untuk tiap versi Android sebelumnya, seperti KeyLimePie untuk Android KitKat, Lemon Meringue Pie untuk Android Lollipop, dan Macadamia Nut Cookie untuk Android Marshmallow.

Berdasarkan laporan terbaru, Google diketahui telah melakukan poling melalui Google Opinion Rewards. Kendati tidak secara langsung bertanya mengenai Android N, Google menanyakan pengguna mengenai makanan enak yang dimulai dari huruf 'N'. Beberapa nama yang ditawarkan Google adalah Napoleon, Nut brittle, Nachos, Nori, serta Nougat. Android N sendiri rencananya diperkenalkan pada gelaran Google I/O 2016 pada 18 Mei mendatang, sementara versi utuh akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Tentu saja berita mengenai peluncuran sangat menyedot perhatian masyarakat pengguna Android. Pasalnya, mereka berharap nantinya selalu ada peningkatan sistem dan stabilitas yang lebih baik. Tapi, sebelum itu, pengguna Marshmhallow di dunia masih sedikit jika dibandingkan dengan Lollipop. Tapi kita sebagai pengguna tak tau strategi apa yang diterapkan oleh Google.

1 comment

membaca.id said...

Wuih.... Gak sabar nungunya

Tips Blog

ads