ads

Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog

Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog - Petir bukan sembarang petir, petir menyambar rumah lima. Makasih ya yang sudah hadir, Selamat membaca... thumbnail 1 summary
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog - Petir bukan sembarang petir, petir menyambar rumah lima. Makasih ya yang sudah hadir, Selamat membaca dengan seksama. Jumpa lagi sobat veevandro, setelah lama tidak posting tentang serba - serbi blog diakarenakan sibuk mikir UAS #bodoamat , kali ini kami akan kembali membagiakan sebuah tutorial baru nih gaess, yaitu tentang Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog. 

Warna merupakan sebuah elemen yang mewakili atau mencirikan sebuah niche blog yang kita anut. Ketika kita mengunduh template, pastinya kebanyakan kita akan mendapat warna polos aja atau putih. Nah, kalo yang pakek tempalte  itu kita doang sih gak apa apa gan, kalo sama??? . Pasti blog ente gak mau kan disama - samakan. Nah biar ada beda - bedanya dikit, pakai nih resep Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog.

Bagi sebagian orang memang ada yang suka warna putih, Tapi ada juga yang suka warna warni. Tapi inget ya gaess, banyak warna bertebaran itu juga gak bagus buat blog, kesanya kurang proesional. Jadi cukuplah kalian mengubah warna sesuai dengan niche blog atau yang mencirikan dari niche blog yang kalian pilih. Cukup kasih warna di bagian tertentu aja gaeess sehingga sekiranya menambah kesan proesional.

Disini alat yang kita butuhkan sederhana aja gan dan di Komputer kalian pasti ada semua alatnya. Kalo tidak ada kirimin gue Dollar biar saya adakan #wkwkwk. Pasti ada kok gan. Alatnya yaitu Inpspect Element. Langkah - langkahnya lumayan rumit gan, tapi kalian jangan nyerah ya, yang namanya perubahan itu butuh usaha dan kerja keras.

Step by Step
1. Buka tampilan Blog kalian
2. Pilih bagian mana yang akan kalian rubah warnanya. Disini kami akan mencontohkan mengubah Header blog.
3. Klik kanan pada bagian tersebut, pilih opsi paling bawah, yaitu inspect element. Saya sarankan menggunakan browser Mozilla Firefox ya gan.
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog


 4. Setelah kalian klik nanti akan muncul gambar sebagaimana dibawah ini
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog

Dibagain bawah browser akan muncul box dari inspect element (IE). yang kanan itu untuk mentukan bagian mana yang akan kita ubah. Sedangkan yang kiri itu adalah elemen dari box di bagian kanan yang kita pilih. Misal kita mau mengubah bagian Header, maka cari Kode HTML "Header-wrapper", Arahkan kursor ke bagian "header-wrapper" sampai muncul arsiran transparan warna biru muda di bagian header blog kita dan terdapat garis yang memotong setiap pinggir bagian header secara menyeluruh. Garis itu merupakan pembatas, jika kita merubah element warna maka hanya sebatas garis itu yang akan berubah gaes. Perhatikan gambar !!!

5. Di gambar disebutkan bahwa warna yang digunakan ialah warna dengan kode "00ffed".
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog

Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog
Cara Merubah Warna Pada Bagian Blog

Disini kita bisa merubah warna dengan melihat element "background" pada box sebelah kanan. Perhatikan gambar !!! . Kita bisa menggunakan kode warna atau menuliskan nama warnanya (dengan bahasa inggris). Kalo dengan nama warna kalian cukup klik di nama warna sebelumnya (misal digambar itu adalah warna dengan kode 00ffed), disini saya mencoba mengganti dengan tulisan "black", maka seketika akan berubah menjadi hitam warna header blognya. Jika menggunakan kode warna html yang kebih kaya warna maka klik bulatan warna yang ada disebelah kiri kode warna tadi. Perhatikan gambar !!!.  Mudah kan.

Baca Juga :

6. Jika kalian uda menemukan racikan warna yang pas, sekarang kalian pergi ke Dasbor blog kalian. Pilih opsi template -> edit template -> cari kode yang sesuai dengan yang dimunculkan di box element. Misal kode  disini ialah "#header-wrapper". Biar lebih lebih mencarinya, klik kode html disembarang tempat -> Ctrl + F -> masukkan nama kode di box di pojo kanan atas.

7. Setelah ketemu, nanti akan muncul kode element html sebagaimana yang kita liat di box inspect element tadi. Ganti kode warna yang ada di situ dengan kode warna hasil inpect element tadi. Misal tadi di box IE adalah warna dengan nama "black" (hitam) atau "#e01515"(merah), Perhatikan gambar!!

8. Jika sudah, Klik Pratinjau Template, kalo ternayata sesuai dan berhasil, Simpan template.

9. Kalian juga bisa merubah warna - warna bagian yang lain dengan panduan seperti diatas.

10. Selain itu , dengan menggunakan IE kalian juga bisa menambah sebuah element baru. Misal di blog yang saya contohkan (Perhatikan gambar !!) yaitu dengan mengklik area dibawah element "border-top" disamping kanan tanda"}". ketikkan kode element yang ingin kalian tambahkan. Misal "border-bottom" (batas garis bawah), "border-left"(batas garis kiri)

11. Ingatt !!! IE hanya bisa digunakan untuk uji coba merubah kode element html atau sekedar memeriksa saja. Jadi setelah kalian mencoba otak atik warna dengan IE, kemudain browser kalian reresh, maka akan kembali seperti semula. Jadi setelah merubah warna, kalian langung edit tempalte kalian (Lihat langkah 6) dan simpan.

Sekian tutorial yang bisa kami paparkan dengan berusaha agar bisa memahamkan pembaca. semoga berhasil dengan otak atiknya. Salam Sobat Veevandro

7 comments

Andika said...

Mau ubah warna blog, tapi takut nnti ada yang salah salah. :D maklum belum tau banyak soal editing blog

Unknown said...

wih keren tuh

Blog Penting said...

mantap artikelny, saya juga sering melakukan hal seperti itu saat obrak abrik template

Anonymous said...

ternyata caranya gampang bgt yaa,ijin coba bro

Unknown said...

waduhhh gaya indra jegel nh hahahahah, ntapp ane utak utik warna ah :3

Unknown said...

mantap gan ane coba buat ngubah warna dasar :3

Unknown said...

penjelasan yang sangat detail
jadi paham ane sekarang

Tips Blog

ads