ads

Seleksi MTQ UM, menuju MTQ Mahasiwa Regional Jawa Timur

          Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Mahasiswa Jawa Timur (MTQMR) merupakan sebuah ajang yang menampilkan perlombaan dibidang... thumbnail 1 summary

          Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Mahasiswa Jawa Timur (MTQMR) merupakan sebuah ajang yang menampilkan perlombaan dibidang Al-Qur'an untuk daerah Jawa Timur. Pesertanya adalah Mahasiswa yang telah dianggap mampu dan didelegasikan oleh masing masing Universitas. Pada bulan Agustus mendatang ajang tersebut akan diadakan di Universitas Trunojoyo, Madura. 
          Pada MTQMR JawaTimur yang ke XV mendatang, tiap tiap Perguruan Tinggi pasti akan mempersiapkan para Kafilah (sebutan delegasi untuk MTQ) secara matang untuk berlaga di ajang yang bergengsi tersebut. Salah satunya yakni Universitas Negeri Malang yang pada Minggu 3 April pagi tadi telah mengadakan Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur'an. "Semoga acara seleksi ini bisa bermanfaat dan dapat menjaring mahasiswa-mahasiswi UM yang terbaik diantara yang terbaik di bidangnya untuk diikutsertakan dalam MTQMR Jawa Timur XV". Ujar salah seorang panitia Seleksi Tilawah.
          Pada acara Seleksi MTQ UM juga dihadiri oleh jajaran petinggi kampus, yakni Ustad Yusuf Hanafi selaku Pembina UKM Al-Qur'an Study Club (ASC) dan Bapak Syamsul Hadi selaku WR III Universitas Negeri Malang, hal ini menandakan bahwa acara Seleksi MTQ mendapat dukungan penuh dari para petinggi UM. Selain itu juga mengindikasikan bahwasannya MTQ merupakan sebuah ajang lomba penting seperti halnya lomba yang berkaitan dengan Sains dan Teknologi.
          Pada Seleksi Tilawatil Qur'an ini, cabang lomba yang diseleksi ada 11 macam. Diantaranyan adalah sebagai berikut :

  1. Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ)
  2. Musabaqoh Tartili Qur'an (MTrQ)
  3. Musabaqoh Qiro'ah Sab'ah (MQS)
  4. Musabaqoh Syarhil Qur'an (MSQ)
  5. Musabaqoh Fahmil Qur'an (MFQ)
  6. Musabaqoh Khattil Qur'an (MKQ)
  7. Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ)
  8. Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an (MKTIA)
  9. Musabaqoh Desain Aplikasi Komputer Qur'an (MDAKQ)
  10. Musabaqoh Debat Kandungan Al-Qur'an Bahasa Arab (MDBA)
  11. Musabaqoh Debat Kandungan Al-qur'an Bahasa Inggris (MDBI)

          Universitas Negeri Malang sangat berambisi dalam meraih juara pada MTQ yang diadakan di Unversitas Trunojoyo tersebut. Terlebih Universitas Negeri Malang notabenya adalah Juara Umum Bertahan pada MTQ sebelumnya dimana ketika UM menjadi tuan rumah dan Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional dua kali berturut-turut yang diadakan di Padang dan Jakarta beberapa waktu silam. Maka dari itu, empat bulan menjelang MTQMR Jawa Timur UM sudah melakukan persiapan dengan matang guna meraihkan kesuksesan sebagaimana sebelumnya. 

No comments

Tips Blog

ads